Skip to main content

Menundukkan Akal Dihadapan Syari'at


 Menundukkan Akal Dihadapan Syari'at
====================


Akal memiliki fungsi strategis dalam kehidupan manusia. Namun akal bukan segalanya, mustahil bagi akal untuk mengetahui segala sesuatu yang baik dan buruk. 

Allah memberikan batasan bagi akal manusia dengan batasan-batasan yang mustahil untuk dilampaui. Barangsiapa berupaya melampauinya sungguh dia telah melakukan satu tindakan bodoh dan dungu. Bahkan bisa jadi akan berakhir dengan hilangnya akal, Stess !. Seperti mereka yang sibuk dengan ilmu kalam, ilmu filsafat atau sejenisnya, akhir dari pengembaraan akalnya adalah keruwatan dan tekanan jiwa.

Sejenak kita merenung, mampukah akal memastikan apa yang akan terjadi esok hari ? Mungkinkah pula akal mendeteksi kapan dan di bumi mana kita akan mati ? Ini salah satu bukti keterbatasan akal. Akal manusia tidak mampu menembus tabir gaib, ilmu yang Allah khususkan untuk diri-Nya. 

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الأرْحَامِ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Luqman:34)

Namun sayang ada sebagian manusia yang berani berdusta mampu menyingkap tabir ghaib seperti para tukang ramal, astrolog, paranormal, dukun, tukang sihir dan semisalnya. Mereka semua sungguh telah keluar dari millah islam dan telah merusak akalnya karena mengaku sama dengan Allah dalam hal mengetahui ilmu ghaib. 

Allah berikan akal bagi manusia untuk mentadaburi dan memahami syareat yang Allah wahyukan kepada Nabi dan Rasul-Nya shallallohu’alaihi wasallam. Allah berfirman:

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الألْبَابِ

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran. Shaad: 29

Dihadapan syareat, akal harus tunduk. Sumber syareat hanyalah wahyu Allah, Al-Quran dan As-Sunnah, bukan akal. Intinya akal harus mengikuti wahyu, akal harus tunduk kepada berita-berita dan hukum-hukum Al-Quran dan As-Sunnah sebagaimana tersebut dalam banyak ayat-ayat Al-Quran. Allah berfirman:

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَكُمُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكُمْ فَمَنِ اهْتَدَى فَإِنَّمَا يَهْتَدِي لِنَفْسِهِ وَمَنْ ضَلَّ فَإِنَّمَا يَضِلُّ عَلَيْهَا وَمَا أَنَا عَلَيْكُمْ بِوَكِيلٍ # وَاتَّبِعْ مَا يُوحَى إِلَيْكَ وَاصْبِرْ حَتَّى يَحْكُمَ اللَّهُ وَهُوَ خَيْرُ الْحَاكِمِينَ

Katakanlah: "Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu kebenaran (Al Qur'an) dari Tuhanmu, sebab itu barang siapa yang mendapat petunjuk maka sesungguhnya (petunjuk itu) untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan barang siapa yang sesat, maka sesungguhnya kesesatannya itu mencelakakan dirinya sendiri. Dan aku bukanlah seorang penjaga terhadap dirimu". Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu, dan bersabarlah hingga Allah memberi keputusan dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya. Yunus: 108-109

اتَّبِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ وَلا تَتَّبِعُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ قَلِيلا مَا تَذَكَّرُونَ

Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Rabbmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya). Al-a’raf: 3
Imam Muhammad bin Muslim bin Syihab Az-Zuhri berkata: 

من الله الرسالة وعلى الرسول البلاغ وعلينا التسليم

“Risalah itu dari Allah, kewajiban Rasul  menyampaikan, dan kewajiban kita adalah tunduk dan berserah diri.”  [Dari Majalah Qudwah, Abu Ismail Muhammad Rijal]

Baca Juga:

Kedudukan Akal Dalam Islam 

Tundukan Akal Pikiranmu pada Hukum Allah 

Peran Akal Dalam Syariat 

‘Menjaga Akal’ dalam Diskursus Tafsir Maqashidi 

Kedudukan Akal dalam Islam  

Arti Penting Menggunakan Akal Menurut Alquran 

  

Comments

Popular posts from this blog

Darul Quran Mina (DQM)

Darul Qur'an Mina (DQM) Profil & Kegiatan Darul Qur'an Mina (DQM) Wakaf Bangunan DQM   Update Laporan Donasi Wakaf Bangunan DQM    Youtube DQM Channel (English)   Youtube Kajian Tafsir   Youtube Belajar Bahasa Arab   Murattal & Tadabbur al-Quran:  Murattal al-Qur'an Berbagai Qari Masyhur (MP4)   Murattal Al-Quran Qari Utama (MP4)   The Glorious Noble Qur'an -Syaikh Abu Bakr Ash-Shatery, Eng Trans (MP4)   Tadabbur/Tafsir al-Quran (MP3 &MP4)   Tafsir Al-Quran   Ilmu al-Quran (Ulumul Quran) -MP4 Tajwid/Ilmu Tajwid    Belajar Membaca & Tadabbur al-Qur'an (Html,MP3 dan MP4)   Kajian Hadist (Study of Hadith)    Murattal al-Quran Semua List Qari Masyhur (MP3)   Murattal Al-Quran Semua Qori (MP3)   Perpustakaan Audio Quran MP3 Semua Qari   Murattal Al-Quran 30 Juz (MP3 Audio)   List Murattal Al-Qur'an (MP3 Audio) & Tafsir   ...

Explanation of Hadith Sahih al-Bukhari Based on Fath al-Bari

  Explanation of Hadith Sahih al-Bukhari   Based on Fath al-Bari Ibn Hajar Biography of Imam al-Bukhari    Biography of Ibn Hajar Asqalaani   Explanation Based on Fath al-Bari Ibn Hajar:  1       2     3       4       5       6      7       8       9       10       11       12       13       14      15       16      17     19     20      21      22      23       24      25       26       27       28       29       30&31    

Tafsir Ibnu Katsir Lengkap (PDF dan CHM)

Tafsir Ibnu Katsir Lengkap (PDF dan CHM) Untuk bisa memahami Qur’an dengan utuh, kita sangat memerlukan bantuan buku tafsir yang berisikan penjelasan dari para sahabat Nabi dan para ulama setelahnya tentang makna dan kandungan al-Qur’an. Mengapa? Sebab tidak bisa dan tidak boleh kita menafsirkan al-Qur’an sendiri tanpa bimbingan para ulama. Sebab tanpa bimbingan mereka kita bisa tersesat jauh dari jalan yang benar.  Untuk memahami al-Qur’an bisa saja kita mencoba untuk menerjemahkannya kata per kata sendiri, tanpa merujuk ulama atau buku tafsir yang mu’tabar (dikenal dan diakui validitasnya), akan tetapi bagaimana kalau ternyata yang kita pahami itu salah? Bagaimana kalau ternyata yang kita pahami bertentangan dengan apa yang dipahami oleh para sahabat Nabi dan para ulama? Nah karenanya, untuk memahami al-Qur’an gunakankan referensi yang bisa dipertanggungjawabkan. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Tafsir Ibnu Katsir, yang merupakan salah satu kitab tafs...