Skip to main content

Mencintai Ahlul Bait Nabi SAW





MeNCiNTai
A H L U  B A I T
N
ABI صلى الله عليه وسلم
Ustadz Ahmas Faiz Asifuddin, MA حفظه الله

  
Salah satu pokok aqidah Ahlu Sunnah wal Jama'ah adalah mencintai  Ahlu  Bait  Nabi صلى الله عليه وسلم  serta  menjaga  wasiat  Beliau صلى الله عليه وسلم tentang Ahlu Baitnya. Karenanya, anak-anak sebagai generasi yang kelak akan menjadi dewasa harus memiliki pemahaman yang jelas dan benar tentang Ahlu Bait, serta harus mencintai dan menghormati mereka. Mereka tidak boleh tersesat sikap dan pemahamannya tentang Ahlu Bait ini.
Imam Muslim dalam Shahihnya[1] membawakan riwayat Zaid bin Arqam رضي الله عنه yang ketika itu dikunjungi oleh beberapa orang Tabi'in, yaitu Yazid bin Hayyan رحمه الله , Hushain bin Sabrah رحمه الله dan 'Umar bin Muslim رحمه الله; Hushain bin Sabrah رحمه الله mewakili dua orang sahabatnya, meminta Zaid رضي الله عنه untuk menceritakan hadits yang pernah beliau dengar dari Rasulullah
Maka, Zaid رضي الله عنه  mengatakan:
قَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا فِينَا خَطِيبًا بِمَاءٍ يُدْعَى خُمًّا بَيْنَ مَكَّةَ وَالْمَدِينَةِ، فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ، وَوَعَظَ وَذَكَّرَ ثُمَّ قَالَ: أَمَّا بَعْدُ أَلَا أَيُّهَا النَّاسُ فَإِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ يُوشِكُ أَنْ يَأْتِيَ رَسُولُ رَبِّي فَأُجِيبَ وَأَنَا تَارِكٌ فِيكُمْ ثَقَلَيْنِ أَوَّلُهُمَا كِتَابُ اللَّهِ فِيهِ الْهُدَى وَالنُّورُ فَخُذُوا بِكِتَابِ اللَّهِ وَاسْتَمْسِكُوا بِهِ فَحَثَّ عَلَى كِتَابِ اللَّهِ وَرَغَّبَ فِيهِ ثُمَّ قَالَ: وَأَهْلُ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي فَقَالَ لَهُ حُصَيْنٌ: وَمَنْ أَهْلُ بَيْتِهِ يَا زَيْدُ أَلَيْسَ نِسَاؤُهُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ قَالَ: نِسَاؤُهُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ وَلَكِنْ أَهْلُ بَيْتِهِ مَنْ حُرِمَ الصَّدَقَةَ بَعْدَهُ قَالَ وَمَنْ هُمْ قَالَ: هُمْ آلُ عَلِيٍّ وَآلُ عَقِيلٍ وَآلُ جَعْفَرٍ وَآلُ عَبَّاسٍ قَالَ كُلُّ هَؤُلَاءِ حُرِمَ الصَّدَقَةَ قَالَ: نَعَمْ
Pada suatu hari Rasulullah صلى الله عليه وسلم berdiri di hadapan kami menyampaikan khutbah di dekat sebuah sumber mata air yang disebut Ghadir Khum, yang terletak antara Makah dan Madinah. Beliau kemudian memuji Allah dengan membaca hamdalah serta menyanjung-Nya. Selanjutnya Beliau صلى الله عليه وسلم memberi nasihat dan mengingatkan, kemudian bersabda:
"Amma Ba'du: Wahai sekalian manusia, ketahuilah, sesungguhnya aku hanyalah seorang manusia, mungkin akan segera datang utusan Rabbku عزّوجلّ (Malaikat Maut yang akan mengambilku kembali menghadap Allah) hingga aku pun akan memenuhi panggilan-Nya. Akan aku tinggalkan kepada kalian dua perkara besar. Pertama: Kitabullah yang isinya adalah petunjuk dan cahaya. Maka, ambillah Kitab Allah ini dan berpeganglah padanya". Zaid bin Arqam رضي الله عنه mengatakan: Maka, Beliau menekankan serta mendorong (umatnya) untuk berpegang teguh pada Kitab Allah ini. Selanjutnya beliau bersabda: "Dan (yang kedua-pen) Ahli Baitku, aku ingatkan kalian pada Allah akan Ahli Baitku, aku ingatkan kalian pada Allah akan Ahli Baitku, aku ingatkan kalian pada Allah akan Ahli Baitku".
Hushain رحمه الله kemudian bertanya kepada Zaid bin Arqam رضي الله عنه "Siapakah Ahli Bait beliau? Wahai Zaid, bukankah  istri-istri  Beliau adalah Ahli  Bait Beliau?"
Zaid رضي الله عنه menjawab,  "Ya,  istri-istri  Beliau termasuk  Ahlu   Baitnya.   Tetapi   yang   dimaksud Ahlu Baitnya di sini adalah orang yang diharamkan menerima shadaqah sesudah Beliau".
Hushain رحمه الله bertanya, "Siapakah mereka?". Zaid رضي الله عنه menjawab, "Mereka adalah keluarga 'Ali, keluarga 'Aqil, keluarga Ja'far dan keluarga al-'Abbas".
Hushain kembali bertanya, "Mereka semua diharamkan menerima shadaqah?". Zaid رضي الله عنه menjawab, "Ya".
Demikian hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah رحمه الله ketika menekankan wajibnya kaum Muslimin mencintai serta menghormati Ahlu Bait Nabi صلى الله عليه وسلم juga membawakan hadtts tersebut secara ringkas dan beberapa hadits lainnya.[2]
Atas dasar ini, maka Ahlu Sunnah wal Jama'ah sangat mencintai,  menghormati  dan  memuliakan  Ahlu  Bait  Nabi صلى الله عليه وسلم, sebab yang demikian itu juga merupakan penghormatan kepada Nabi صلى الله عليه وسلم di samping karena Allah عزّوجلّ dan Rasul-Nya صلى الله عليه وسلم pun telah memerintahkannya.
Karena itu, wajib bagi setiap Muslim mendidik putra-putrinya secara sungguh-sungguh untuk mencintai Ahlu Bait Nabi صلى الله عليه وسلم.
Tetapi, siapa sesungguhnya Ahlu Bait Nabi صلى الله عليه وسلم yang wajib dicintai dan wajib pula dijaga wasiat Rasulullah صلى الله عليه وسلم tentangnya?
Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan حفظه الله, seorang anggota Dewan Ulama Besar Saudi Arabia, menjelaskan dalam Syarh al-'Aqidah al-Waithiyyah:[3] (Ahlu Bait wajib di cintai dan dihormati) apabila mereka mengikuti Sunnah (ajaran) Nabi صلى الله عليه وسلم serta istiqomah berpijak pada millah (Islam) ini, sebagaimana yang telah dilakukan oleh para pendahulu mereka seperti al-'Abbas beserta anak cucunya dan 'Ali beserta anak cucunya terdahulu. Adapun yang menyelisihi Sunnah Nabi صلى الله عليه وسلم dan tidak istiqomah berpijak pada Dinul Islam, maka ia tidak boleh dicintai, meskipun ia termasuk Ahlu Bait Nabi صلى الله عليه وسلم.[4]
Jadi, yang dimaksud Ahlu Bait Nabi صلى الله عليه وسلم yang wajib dan harus dicintai serta dihormati adalah Ahlu Bait Nabi صلى الله عليه وسلم yang berpegang teguh pada tuntunan Nabi صلى الله عليه وسلم, serta benar-benar berpegang pada prinsip-prinsip ajaran Islam yang benar, sebagaimana dipahami dan dipegangi oleh para Sahabat رضي الله عنهم serta Ahlu Bait رضي الله عنهم beliau pada generasi awal umat ini. Mereka berasal dari keluarga 'Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه beserta anak keturunannya, keluarga 'Aqil رضي الله عنه beserta anak keturunannya, keluarga Ja'far bin AbT Thalib رضي الله عنه beserta anak keturunannya dan keluarga al-'Abbas رضي الله عنه beserta anak keturunannya. Mereka sebenarnya adalah keturunan Bani Hasyim dan Bani 'Abdil Mutthalib.
Namun, bila didapati seseorang mengaku Ahlu Bait Nabi صلى الله عليه وسلم atau mengaku keturunan Nabi صلى الله عليه وسلم, tetapi pemahaman serta tindakannya tidak mencerminkan komitmen untuk mengikuti Sunnah Nabi صلى الله عليه وسلم, bahkan menyimpang jauh dari ketetapan Beliau صلى الله عليه وسلم, maka orang itu tidak perlu mendapatkan kecintaan atau penghormatan. Wallahu Waliyyu at-taufiq.[]




[1]     Shahih Muslim bi Syarhi an-Nawawi, Khalil Ma'mun Syiha, Dar al-Ma'rifah, Beirut, cet. III 1417 H/1996 M, XV/174-175, no. 6175.
[2]     Syarh Al-'Aqtdah al-Wasithiyah, Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan, Maktabah al-Ma'arif, Riyadh, cet. VII, 1413 H/1993 M, hal. 195, tentang Ahlul Bait Nabi صلى الله عليه وسلم 'inda Ahli Sunnah wal Jama'ah.
[3]     Ibid hal. 196.
[4]     Ibid.

Comments

Popular posts from this blog

Darul Quran Mina (DQM)

Darul Qur'an Mina (DQM) Profil & Kegiatan Darul Qur'an Mina (DQM) Wakaf Bangunan DQM   Update Laporan Donasi Wakaf Bangunan DQM    Youtube DaQuMina Channel (Indonesia/Melayu)   Youtube DQM Channel (English)   Murattal & Tadabbur al-Quran:  Murattal al-Qur'an Berbagai Qari Masyhur (MP4)   Murattal Al-Quran Qari Utama (MP4)   The Glorious Noble Qur'an -Syaikh Abu Bakr Ash-Shatery, Eng Trans (MP4)   Tadabbur/Tafsir al-Quran (MP3 &MP4)   Tafsir Al-Quran   Ilmu al-Quran (Ulumul Quran) -MP4 Tajwid/Ilmu Tajwid    Belajar Membaca & Tadabbur al-Qur'an (Html,MP3 dan MP4)   Kajian Hadist (Study of Hadith)    Murattal al-Quran Semua List Qari Masyhur (MP3)   Murattal Al-Quran Semua Qori (MP3)   Perpustakaan Audio Quran MP3 Semua Qari   Murattal Al-Quran 30 Juz (MP3 Audio)   List Murattal Al-Qur'an (MP3 Audio) & Tafsir   Al-Quran Digital (Display Ayat dan Terjemahan), Murattal Oleh Syaikh Abdulrahman al-Ossi  

Update Laporan Donasi Wakaf Tanah & Bangunan Darul Quran Mina (DQM)

Update Laporan Wakaf  Bangunan Darul Quran Mina (DQM) Yayasan Pembangunan Islam Mina , SK Kementerian Hukum & HAM RI No. AHU.0006005.AH.01.04.2017 1. Kantor Pusat (HQ):  Alamat: Darul Quran Mina (DQM), Lampeuneurut Ujong Blang, Darul Imarah, Aceh Besar, INDONESIA 23352.  Kebutuhan Dana:  - Tanah seluas 364 M2 & 1 Unit Bangunan: Rp 998,000,000,- -  3 unit Balai Pengajian: Rp 26,600,000,- ************************************** Transfer Wakaf Bangunan DQM ke No Rekening (Acc): 📟 No. Acc Bank Aceh Syari'ah : 62002200105180 Kode Bank 116  (Swift Code: PDACIDJ1) 📟 No. Acc Bank Syariah Indonesia: 7147283126 Kode Bank 451  (Swift Code: BSMDIDJAXXX  ) 📟 No. Acc Bank CIMB Niaga Syariah: 761968078600 Kode Bank 022  (Swift Code: BNIAIDJA XXX ) Semuanya a.n: Sofyan Kaoy Umar  Konfirmasi setelah Transfer:  WA: +6281234582087 (Ust.Sofyan Kaoy Umar, MA, CPIF), Ketua Pengurus Yayasan Pembangunan Islam Mina Khusus  bagi  muhsinin Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia &am

Kitab Matan al-Jazariyah

Matan al-Jazariyah Nama kitab: Matan Al-Jazariyah (متن الجزرية) Pengarang: Syamsuddin Abul Khair Muhammad bin Muhamad bin Muhammad bin Ali bin Yusuf Al-Jazary Ad-Dimasyqi Asy-Syafi'i Penerjemah: Abu Ezra El Fadhli Bidang studi: Ilmu Tajwid (Cara membaca makharijul huruf al-Qur'an)  Matan al-Jazariah ini berisikan 109 bait yang ditulis oleh Imam Muhammad Ibnul Jazari Asy-Syafi’i . Matan ini dimulai dengan muqoddimah, makhraj-makhraj huruf, sifat-sifat huruf, tajwid, tafkhim dan tarqiq, tentang ra, tentang lam. tha’ dan zha’, tahdziirat (peringatan-peringatan), mim dan nun tasydid serta mim sukun, tanwin dan nun sukun, mad dan qoshr, mengenal waqof, maqthu’ dan maushul dan hukum ta’. tentang ta’, hamzah washl, Sifat-sifat huruf Hijaiyah atau abjad Arab memiliki karakter khusus dan harus diucapkan secara benar berdasarkan ilmu tajwid terutama saat membaca Al-Quran. Termasuk harus diketahui huruf yang dibaca tarqiq (tipis) dan tafkhim (tebal). -