Skip to main content

Keutamaan Nabi Muhammad SAW


Keutamaan Nabi Muhammad SAW 


Alhamdulillah wash shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, amma ba’du, 
Mengetahui keutamaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendorong seseorang untuk mencintainya, mengikutinya dan ta’at kepadanya, karena ia mengetahui demikian banyak keutamaan dan keistimewaan yang Allah anugerahkan kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, berupa keindahan sifatnya, akhlaknya, kebaikannya atas umat ini serta seluruh keutamaan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam yang lainnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah utusan Allah yang paling mulia di sisi Allah, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki keutamaan yang sangat tinggi, yang tidak bisa dicapai seorangpun dari seluruh makhluk yang lain di alam semesta ini. Di antara keutamaan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan di dalam Al-Qur’an dan ada pula yang disebutkan di dalam hadits. Beberapa keutamaan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Qur`an adalah:

1. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat sayang dan mencintai umatnya

Allah Ta’ala berfirman,

ู„َู‚َุฏْ ุฌَุงุกَูƒُู…ْ ุฑَุณُูˆู„ٌ ู…ِู†ْ ุฃَู†ْูُุณِูƒُู…ْ ุนَุฒِูŠุฒٌ ุนَู„َูŠْู‡ِ ู…َุง ุนَู†ِุชُّู…ْ ุญَุฑِูŠุตٌ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ุจِุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ุฑَุกُูˆูٌ ุฑَุญِูŠู…ٌ
“Sungguh telah datang kepada kalian seorang Rasul dari kaum kalian sendiri, berat terasa olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan (kebaikan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (At-Taubah:128). Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan,

ูˆู‚ูˆู„ู‡ : {ุนَุฒِูŠุฒٌ ุนَู„َูŠْู‡ِ ู…َุง ุนَู†ِุชُّู…ْ} ุฃูŠ : ูŠุนุฒ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุดูŠุก ุงู„ุฐูŠ ูŠุนู†ุช ุฃู…ุชู‡ ูˆูŠุดู‚ ุนู„ูŠู‡ุง  …ูˆููŠ ุงู„ุตุญูŠุญ :”ุฅู† ู‡ุฐุง ุงู„ุฏูŠู† ูŠุณุฑ”  ูˆุดุฑูŠุนุชู‡ ูƒู„ู‡ุง ุณู‡ู„ุฉ ุณู…ุญุฉ ูƒุงู…ู„ุฉ ، ูŠุณูŠุฑุฉ ุนู„ู‰ ู…ู† ูŠุณุฑู‡ุง ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู„ูŠู‡ .
“Dan firman-Nya {ุนَุฒِูŠุฒٌ ุนَู„َูŠْู‡ِ ู…َุง ุนَู†ِุชُّู…ْ}, maksudnya sangat berat bagi beliau sesuatu yang memberatkan umatnya dan menyulitkannya dan dalam Hadits shahih, ‘Sesungguhnya agama ini mudah’, dan syari’at-Nya semuanya mudah gampang lagi sempurna, mudah bagi orang yang Allah Ta’ala mudahkan.” Syaikh Abdur Rahman As-Sa’di rahimahullah mengatakan,
{‏ุญَุฑِูŠุตٌ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ‏}‏ ููŠุญุจ ู„ูƒู… ุงู„ุฎูŠุฑ، ูˆูŠุณุนู‰ ุฌู‡ุฏู‡ ููŠ ุฅูŠุตุงู„ู‡ ุฅู„ูŠูƒู…، ูˆูŠุญุฑุต ุนู„ู‰ ู‡ุฏุงูŠุชูƒู… ุฅู„ู‰ ุงู„ุฅูŠู…ุงู†، ูˆูŠูƒุฑู‡ ู„ูƒู… ุงู„ุดุฑ، ูˆูŠุณุนู‰ ุฌู‡ุฏู‡ ููŠ ุชู†ููŠุฑูƒู… ุนู†ู‡‏.‏ ‏{‏ุจِุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ุฑَุกُูˆูٌ ุฑَุญِูŠู…ٌ‏}‏ ุฃูŠ‏:‏ ุดุฏูŠุฏ ุงู„ุฑุฃูุฉ ูˆุงู„ุฑุญู…ุฉ ุจู‡ู…، ุฃุฑุญู… ุจู‡ู… ู…ู† ูˆุงู„ุฏูŠู‡ู…‏.‏
ูˆู„ู‡ุฐุง ูƒุงู† ุญู‚ู‡ ู…ู‚ุฏู…ًุง ุนู„ู‰ ุณุงุฆุฑ ุญู‚ูˆู‚ ุงู„ุฎู„ู‚، ูˆูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุฃู…ุฉ ุงู„ุฅูŠู…ุงู† ุจู‡، ูˆุชุนุธูŠู…ู‡، ูˆุชุนุฒูŠุฑู‡، ูˆุชูˆู‚ูŠุฑู‡

“{‏ุญَุฑِูŠุตٌ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ‏}, maka dia mencintai kebaikan untuk kalian dan berusaha dengan keras menyampaikan kebaikan kepada kalian, dan bersemangat memberi petunjuk kalian kepada keimanan dan membenci keburukan menimpa kalian, berusaha dengan keras agar kalian jauh darinya. ‏{‏ุจِุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ุฑَุกُูˆูٌ ุฑَุญِูŠู…ٌ‏}‏maksudnya sangat belas kasihan lagi penyayang kepada mereka, melebihi kasih sayang orangtua mereka sendiri kepada diri mereka. Oleh karena inilah hak beliau didahulukan atas hak-hak seluruh makhluk, dan wajib umat ini beriman kepada beliau, mengagungkannya, menghormatinya dan memuliakannya.”

2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat semangat berdakwah dan mendidik umatnya.

Allah Ta’ala berfirman
ู„َู‚َุฏْ ู…َู†َّ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ุฅِุฐْ ุจَุนَุซَ ูِูŠู‡ِู…ْ ุฑَุณُูˆู„ًุง ู…ِู†ْ ุฃَู†ْูُุณِู‡ِู…ْ ูŠَุชْู„ُูˆ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ุขูŠَุงุชِู‡ِ ูˆَูŠُุฒَูƒِّูŠู‡ِู…ْ ูˆَูŠُุนَู„ِّู…ُู‡ُู…ُ ุงู„ْูƒِุชَุงุจَ ูˆَุงู„ْุญِูƒْู…َุฉَ ูˆَุฅِู†ْ ูƒَุงู†ُูˆุง ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ُ ู„َูِูŠ ุถَู„َุงู„ٍ ู…ُุจِูŠู†ٍ
Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang Rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab dan As-Sunnah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (Ali ‘Imraan:164). Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan,

ูˆู‚ูˆู„ู‡ : { ู„ู‚ุฏ ู…ู† ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุคู…ู†ูŠู† ุฅุฐ ุจุนุซ ููŠู‡ู… ุฑุณูˆู„ุง ู…ู† ุฃู†ูุณู‡ู… } ุฃูŠ : ู…ู† ุฌู†ุณู‡ู… ู„ูŠุชู…ูƒู†ูˆุง ู…ู† ู…ุฎุงุทุจุชู‡ ูˆุณุคุงู„ู‡ ูˆู…ุฌุงู„ุณุชู‡ ูˆุงู„ุงู†ุชูุงุน ุจู‡
“Dan firman Allah  {ู„َู‚َุฏْ ู…َู†َّ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ุฅِุฐْ ุจَุนَุซَ ูِูŠู‡ِู…ْ ุฑَุณُูˆู„ًุง ู…ِู†ْ ุฃَู†ْูُุณِู‡ِู…ْ} maksudnya (Allah mengutus seorang Rasul) dari jenis mereka (manusia), agar mereka bisa berkomunikasi dengannya, bertanya kepadanya, duduk menemaninya dan mengambil manfaat darinya.” Beliau juga berkata:

ูู‡ุฐุง ุฃุจู„ุบ ููŠ ุงู„ุงู…ุชู†ุงู† ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ุฑุณู„ ุฅู„ูŠู‡ู… ู…ู†ู‡ู… ، ุจุญูŠุซ ูŠู…ูƒู†ู‡ู… ู…ุฎุงุทุจุชู‡ ูˆู…ุฑุงุฌุนุชู‡ ููŠ ูู‡ู… ุงู„ูƒู„ุงู… ุนู†ู‡ ، ูˆู„ู‡ุฐุง ู‚ุงู„ : { ูŠุชู„ูˆ ุนู„ูŠู‡ู… ุขูŠุงุชู‡ } ูŠุนู†ูŠ : ุงู„ู‚ุฑุขู†  {ูˆูŠุฒูƒูŠู‡ู… } ุฃูŠ : ูŠุฃู…ุฑู‡ู… ุจุงู„ู…ุนุฑูˆู ูˆูŠู†ู‡ุงู‡ู… ุนู† ุงู„ู…ู†ูƒุฑ ู„ุชุฒูƒูˆ ู†ููˆุณู‡ู… ูˆุชุทู‡ุฑ ู…ู† ุงู„ุฏู†ุณ ูˆุงู„ุฎุจุซ ุงู„ุฐูŠ ูƒุงู†ูˆุง ู…ุชู„ุจุณูŠู† ุจู‡ ููŠ ุญุงู„ ุดุฑูƒู‡ู… ูˆุฌุงู‡ู„ูŠุชู‡ู… { ูˆูŠุนู„ู…ู‡ู… ุงู„ูƒุชุงุจ ูˆุงู„ุญูƒู…ุฉ } ูŠุนู†ูŠ : ุงู„ู‚ุฑุขู† ูˆุงู„ุณู†ุฉ { ูˆุฅู† ูƒุงู†ูˆุง ู…ู† ู‚ุจู„ } ุฃูŠ : ู…ู† ู‚ุจู„ ู‡ุฐุง ุงู„ุฑุณูˆู„ { ู„ููŠ ุถู„ุงู„ ู…ุจูŠู† } ุฃูŠ : ู„ููŠ ุบูŠ ูˆุฌู‡ู„ ุธุงู‡ุฑ ุฌู„ูŠ ุจูŠู† ู„ูƒู„ ุฃุญุฏ

“Hal ini merupakan bentuk mengingatkan atas nikmat yang paling mengena, yaitu (Allah jadikan) para Rasul-Nya yang diutus kepada mereka dari jenis mereka sendiri (manusia), sehingga memungkinkan mereka berkomunikasi dan menemuinya untuk bertanya tentang maksud ucapannya. Oleh karena itulah Allah berfirman: {ูŠَุชْู„ُูˆ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ุขูŠَุงุชِู‡ِmaksudnya (membacakan) Al-Qur`an, {ูˆَูŠُุฒَูƒِّูŠู‡ِู…ْ(membersihkan jiwa mereka) maksudnya memerintahkan mereka untuk melakukan perkara yang ma`ruf dan melarang mereka dari berbuat kemungkaran, agar suci jiwa-jiwa mereka dan bersih dari kotoran serta keburukan yang dulu mereka lakukan ketika masih tenggelam dalam kesyirikan dan jahiliyyah.  {ูˆَูŠُุนَู„ِّู…ُู‡ُู…ُ ุงู„ْูƒِุชَุงุจَ ูˆَุงู„ْุญِูƒْู…َุฉَ} maksudnya (Mengajarkan) Al-Qur`an dan As-Sunnah, {ูˆَุฅِู†ْ ูƒَุงู†ُูˆุง ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ُmaksudnya sebelum (pengutusan ) Rasulullah ini, ู„َูِูŠ} ุถَู„َุงู„ٍ ู…ُุจِูŠู†ٍmaksudnya (mereka) benar-benar dalam penyimpangan dan kebodohan yang nampak jelas dan nyata  bagi setiap orang.

Syaikh Abdur Rahman As-Sa’di rahimahullah berkata,
{ ูˆูŠุฒูƒูŠู‡ู… } ู…ู† ุงู„ุดุฑูƒ، ูˆุงู„ู…ุนุงุตูŠ، ูˆุงู„ุฑุฐุงุฆู„، ูˆุณุงุฆุฑ ู…ุณุงูˆุฆ ุงู„ุฃุฎู„ุงู‚
“{ูˆَูŠُุฒَูƒِّูŠู‡ِู…ْ(membersihkan ) dari kesyirikan, kemaksiatan dan perkara-perkara yang hina dan akhlak-akhlak yang buruk.” Beliau juga berkata:
{ ูˆุฅู† ูƒุงู†ูˆุง ู…ู† ู‚ุจู„ } ุจุนุซุฉ ู‡ุฐุง ุงู„ุฑุณูˆู„ { ู„ููŠ ุถู„ุงู„ ู…ุจูŠู† } ู„ุง ูŠุนุฑููˆู† ุงู„ุทุฑูŠู‚ ุงู„ู…ูˆุตู„ ุฅู„ู‰ ุฑุจู‡ู…، ูˆู„ุง ู…ุง ูŠุฒูƒูŠ ุงู„ู†ููˆุณ ูˆูŠุทู‡ุฑู‡ุง، ุจู„ ู…ุง ุฒูŠู† ู„ู‡ู… ุฌู‡ู„ู‡ู… ูุนู„ูˆู‡، ูˆู„ูˆ ู†ุงู‚ุถ ุฐู„ูƒ ุนู‚ูˆู„ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†
“{ูˆَุฅِู†ْ ูƒَุงู†ُูˆุง ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ُ} (sebelum) pengutusan Rasulullah ini, {ู„َูِูŠ ุถَู„َุงู„ٍ ู…ُุจِูŠู†ٍtidak mengetahui jalan yang menghantarkan kepada Rabb mereka, tidak pula menghantarkan kepada sesuatu yang dapat mensucikan jiwa dan membersihkannya, bahkan sesuatu yang dihiasi oleh kebodohan merekapun, mereka lakukan walaupun bertentangan dengan akal  sehat seluruh makhluk yang lainnya.”

3. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah saksida’i ilallah pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan serta cahaya yang menerangi.

Allah Ta’ala berfirman,
ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุฅِู†َّุง ุฃَุฑْุณَู„ْู†َุงูƒَ ุดَุงู‡ِุฏًุง ูˆَู…ُุจَุดِّุฑًุง ูˆَู†َุฐِูŠุฑًุง
(45) Hai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk jadi saksi, dan pembawa kabar gemgira dan pemberi peringatan,
ูˆَุฏَุงุนِูŠًุง ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจِุฅِุฐْู†ِู‡ِ ูˆَุณِุฑَุงุฌًุง ู…ُู†ِูŠุฑًุง
(46) dan untuk jadi penyeru kepada Agama Allah dengan izin-Nya dan untuk jadi cahaya yang menerangi. (A-Ahzaab: 45-46).
Syaikh Abdur Rahman As-Sa’di rahimahullah berkata, “Sifat-sifat (dalam Ayat) ini, yang Allah sifati dengannya Rasul-Nya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, inilah tujuan, inti dan perkara yang pokok dari diutusnya beliau (menjadi seorang Rasul), yang menjadi ciri khas beliau. Dan perkara tersebut yaitu lima sifat.”
Pertama, Beliau sebagai {ุดَุงู‡ِุฏًุง }, maksudnya beliau menjadi saksi atas umatnya berkenaan dengan perbuatan yang mereka lakukan, baik itu perbuatan kebaikan maupun keburukan, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,
{ู„ِุชَูƒُูˆู†ُูˆุง ุดُู‡َุฏَุงุกَ ุนَู„َู‰ ุงู„ู†َّุงุณِ ูˆَูŠَูƒُูˆู†َ ุงู„ุฑَّุณُูˆู„ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ุดَู‡ِูŠุฏًุง}
Agar kalian (umat Islam) menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kalian.” (Al-Baqarah:143)
{ ูَูƒَูŠْูَ ุฅِุฐَุง ุฌِุฆْู†َุง ู…ِู†ْ ูƒُู„ِّ ุฃُู…َّุฉٍ ุจِุดَู‡ِูŠุฏٍ ูˆَุฌِุฆْู†َุง ุจِูƒَ ุนَู„َู‰ ู‡َุคُู„َุงุกِ ุดَู‡ِูŠุฏًุง }
Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila     Kami mendatangkan seseorang saksi (Rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (umatmu).” (An-Nisa`:41).  Beliau  shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah seorang saksi yang adil dan diterima persaksiannya.
Kedua dan ketiga, Beliau sebagai (pembawa kabar gemgira dan pemberi peringatan) {ู…ُุจَุดِّุฑًุง ูˆَู†َุฐِูŠุฑًุง}  dan ini mengharuskan untuk disebutkan siapakah orang yang diberi kabar gembira dan peringatan, serta apakah isi kabar gembira dan peringatannya tersebut beserta amal yang menyebabkannya. Adapun orang yang diberi kabar gembira adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa yang menggabungkan antara iman, amal shalih dan meninggalkan kemaksiatan, maka mereka berhak mendapatkan kabar gembira di kehidupan dunia, berupa semua balasan yang baik, baik balasan duniawi maupun agama, sebagai buah manis dari keimanan dan ketakwaan. Sedangkan di akherat berupa kenikmatan yang kekal.
Semua hal ini mengharuskan disebutkannya perincian tentang perkara tersebut (isi kabar gembira), berupa perincian amal shalih, bentuk-bentuk ketakwaan, dan berbagai macam pahala (balasan yang baik). Adapun orang diberi peringatan, mereka adalah orang-orang yang berbuat dosa lagi zhalim, maka mereka pantas mendapatkan peringatan di dunia berupa hukuman duniawi dan agama, sebagai dampak buruk kejahilan dan kezhalimannya. Di Akhirat, pantas mendapatkan siksa pedih dan adzab yang lama. Perincian hal ini ada dalam ajaran yang beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bawa, baik dalam Al-Qur`an maupun As-Sunnah yang mencakup hal tersebut.
Keempat, {ุฏَุงุนِูŠًุง ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِMaksudnya ( beliau sebagai da’i yang) Allah utus mengajak makhluk menuju kepada Rabb mereka, membawa mereka untuk dimuliakan oleh-Nya dan memerintahkan mereka untuk beribadah kepada-Nya yang mereka memang diciptakan untuk itu (beribadah kepada-Nya), hal ini menunjukkan konsekuensi keistiqamahan beliau di atas ajaran yang beliau serukan, dan menunjukkan keharusan penyebutan perincian isi dakwah beliau berupa mengenalkan kepada mereka tentang sifat-sifat Rabb mereka yang suci, mensucikan-Nya dari sesuatu yang tidak layak dengan keagungan-Nya, menyebutkan berbagai macam ibadah dan cara berdakwah yang paling mudah mengantarkan kepada Allah, memberikan haknya masing-masing kepada setiap yang berhak, memurnikan dakwah dengan ikhlas karena Allah, bukan mengajak kepada dirinya dan bukan untuk memuliakan dirinya, sebagaimana hal ini terjadi pada banyak orang dalam masalah ini. Semua itu terjadi dengan izin, perintah, kehendak dan taqdir  Allah Ta’ala atas diri beliau dalam berdakwah.
Kelima, Beliau sebagai (cahaya yang menerangi) {ุณِุฑَุงุฌًุง ู…ُู†ِูŠุฑًุง }, ini berarti bahwa (sebelum diutusnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) makhluk berada dalam kegelapan yang besar, tidak ada cahaya yang dengannya mereka mendapatkan petunjuk dan tidak ada pula ilmu yang dengannya mereka  mendapatkan petunjuk dalam kebodohan mereka hingga Allah pun utus Nabi yang mulia ini, maka Allah sinari kegelapan-kegelapan itu dengan kehadiran beliau, Dia mengajarkan ilmu (agar mereka keluar) dari kebodohan-kebodohan dengan kehadiran beliau, dan dengan kehadiran beliau pula, Allah memberi petunjuk orang-orang yang sesat kepada jalan-Nya yang lurus. Maka jadilah beliau sosok (da’i) yang lurus, beliau telah menjelaskan jalan yang lurus kepada mereka, merekapun berjalan mengikuti sang imam ini, dan mereka mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk, serta (bisa membedakan) orang yang berbahagia dengan orang yang celaka, melalui beliau.
Mereka mengambil cahaya dengan diutusnya beliau sebagai Rasul untuk mengetahui sesembahan mereka yang hak, dan mengenal-Nya melalui sifat-sifat-Nya yang terpuji, perbuatan-perbuatan-Nya yang benar dan hukum-hukum-Nya yang lurus.
4. Allah meninggikan penyebutan nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tidak satupun makhluk yang bisa menyamainya
Allah Ta’ala berfirman,
ุฃَู„َู…ْ ู†َุดْุฑَุญْ ู„َูƒَ ุตَุฏْุฑَูƒَ
(1)”Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,
ูˆَูˆَุถَุนْู†َุง ุนَู†ْูƒَ ูˆِุฒْุฑَูƒَ
(2) dan Kami telah menghilangkan darimu bebanmu,
ุงู„َّุฐِูŠ ุฃَู†ْู‚َุถَ ุธَู‡ْุฑَูƒَ
(3) yang memberatkan punggungmu?
ูˆَุฑَูَุนْู†َุง ู„َูƒَ ุฐِูƒْุฑَูƒَ
(4) Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu” (Al-Insyiraah: 1-4).
Syaikh Abdur Rahman As-Sa’di rahimahullah mengatakan, “Firman Allah Ta’ala -dalam rangka mengingatkan nikmat-Nya yang dianugerahkan kepada Rasul-Nya { ุฃَู„َู…ْ ู†َุดْุฑَุญْ ู„َูƒَ ุตَุฏْุฑَูƒَ } maksudnya, Kami lapangkan dadanya untuk menerima syari’at Islam dan untuk berdakwah (mengajak manusia) kepada Allah, untuk bersifat dengan akhlak yang baik, semangat menyambut akhirat, dan memudahkan kebaikan-kebaikan hingga tidak sempit dadanya. Setiap kali Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan kebaikan.”
Tentang Ayat yang selanjutnya beliau menafsirkan, {ูˆَูˆَุถَุนْู†َุง ุนَู†ْูƒَ ูˆِุฒْุฑَูƒَ }, maksudnya  dan Kami telah menghilangkan darimu dosamu. {ุงู„َّุฐِูŠ ุฃَู†ْู‚َุถَ} maksudnya yang memberatkan
{ุธَู‡ْุฑَูƒَ} punggungmu, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:
ู„ِูŠَุบْูِุฑَ ู„َูƒَ ุงู„ู„َّู‡ُ ู…َุง ุชَู‚َุฏَّู…َ ู…ِู†ْ ุฐَู†ْุจِูƒَ ูˆَู…َุง ุชَุฃَุฎَّุฑَ
“Supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang.”{ูˆَุฑَูَุนْู†َุง ู„َูƒَ ุฐِูƒْุฑَูƒَmaksudnya Kami tinggikan derajatmu dan Kami jadikan pujian untukmu pujian yang indah lagi tinggi yang tidak pernah satupun dari makhluk yang bisa mencapainya, maka tidaklah disebutkan (nama) Allah kecuali disebutkan nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama nama-Nya. Sebagaimana saat (seseorang) masuk Islam, adzan, iqamah, khutbah, dan selainnya dari perkara-perkara yang Allah tinggikan dengannya penyebutan nama Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau di hati umatnya, sangat dicintai, dimuliakan, dan diagungkan, dengan bentuk (kecintaan, pemuliaan, dan pengagungan) yang tidak ada tandingannya sesudah Allah Ta’ala.
5. Tidaklah Allah bersumpah dengan kehidupan seorangpun kecuali dengan kehidupan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
Allah Ta’ala berfirman,
ู„َุนَู…ْุฑُูƒَ ุฅِู†َّู‡ُู…ْ ู„َูِูŠ ุณَูƒْุฑَุชِู‡ِู…ْ ูŠَุนْู…َู‡ُูˆู†َ
“Demi kehidupanmu (Muhammad), sesungguhnya mereka terombang-ambing di dalam kesesatan” (Al-Hijr: 72). Al-Baghawi rahimahullah mengatakan,
ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰: {ู„ุนู…ุฑูƒ} ูŠุง ู…ุญู…ุฏ ุฃูŠ ูˆุญูŠุงุช {ุฅู†ู‡ู… ู„ููŠ ุณูƒุฑุชู‡ู…} ุญูŠุฑุชู‡ู… ูˆุถู„ุงู„ุชู‡ู… {ูŠุนู…ู‡ูˆู† } ูŠุชุฑุฏุฏูˆู†
“Allah Ta’ala berfirman : {ู„َุนَู…ْุฑُูƒَ} wahai Muhammad, (maksud sumpah disini) yaitu “Demi kehidupanmu”, {ุฅِู†َّู‡ُู…ْ ู„َูِูŠ ุณَูƒْุฑَุชِู‡ِู…ْ(sesungguhnya mereka benar-benar berada di dalamkebingungan dan kesesatan mereka, {ูŠَุนْู…َู‡ُูˆู†َmereka terombang-ambing.
Beliau juga berkata,
ุฑูˆูŠ ุนู† ุฃุจูŠ ุงู„ุฌูˆุฒุงุก ุนู† ุงุจู† ุนุจุงุณ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ู‚ุงู„ : ู…ุง ุฎู„ู‚ ุงู„ู„ู‡ ู†ูุณุง ุฃูƒุฑู… ุนู„ูŠู‡ ู…ู† ู…ุญู…ุฏ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…، ูˆู…ุง ุฃู‚ุณู… ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุจุญูŠุงุฉ ุฃุญุฏ ุฅู„ุง ุจุญูŠุงุชู‡ .
Diriwayatkan dari Abul Jauza` dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma, “Allah tidaklah menciptakan jiwa yang lebih mulia dari jiwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan tidaklah Allah Ta’ala bersumpah dengan kehidupan seorang pun kecuali dengan kehidupan beliau ”.
6. Allah menjaga beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dari segala keburukan
Allah Ta’ala berfirman,
ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ูŠَุนْุตِู…ُูƒَ ู…ِู†َ ุงู„ู†َّุงุณِ
“Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia” (Al-Maaidah: 67).
Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan,
ูˆู‚ูˆู„ู‡ :{ ูˆุงู„ู„ู‡ ูŠุนุตู…ูƒ ู…ู† ุงู„ู†ุงุณ} ุฃูŠ : ุจู„ุบ ุฃู†ุช ุฑุณุงู„ุชูŠ ، ูˆุฃู†ุง ุญุงูุธูƒ ูˆู†ุงุตุฑูƒ ูˆู…ุคูŠุฏูƒ ุนู„ู‰ ุฃุนุฏุงุฆูƒ ูˆู…ุธูุฑูƒ ุจู‡ู… ، ูู„ุง ุชุฎู ูˆู„ุง ุชุญุฒู† ، ูู„ู† ูŠุตู„ ุฃุญุฏ ู…ู†ู‡ู… ุฅู„ูŠูƒ ุจุณูˆุก ูŠุคุฐูŠูƒ .
“Firman Allah {ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ูŠَุนْุตِู…ُูƒَ ู…ِู†َ ุงู„ู†َّุงุณِ } maksudnya sampaikanlah syari’at-Ku, niscaya Aku akan
menjaga, menolong dan menguatkanmu menghadapi musuh-musuhmu, serta memenangkanmu mengalahkan mereka, maka janganlah engkau takut dan janganlah bersedih, tidak akan ada satupun dari mereka yang mampu menyakitimu dengan keburukan apapun yang ditujukan kepadamu.”
7. Ajaran yang beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bawa, berasal dari Allah Ta’ala, bukanlah hasil karangan beliau
Allah Ta’ala berfirman,
ูˆَู…َุง ูŠَู†ْุทِู‚ُ ุนَู†ِ ุงู„ْู‡َูˆَู‰ٰ
(3) “dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya.
ุฅِู†ْ ู‡ُูˆَ ุฅِู„َّุง ูˆَุญْูŠٌ ูŠُูˆุญَู‰ٰ
(4) Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)” (An-Najm: 3-4).
Berkata Ibnu Katsir rahimahullah,
{ ูˆู…ุง ูŠู†ุทู‚ ุนู† ุงู„ู‡ูˆู‰ } ุฃูŠ : ู…ุง ูŠู‚ูˆู„ ู‚ูˆู„ุง ุนู† ู‡ูˆู‰ ูˆุบุฑุถ {ุฅู† ู‡ูˆ ุฅู„ุง ูˆุญูŠ ูŠูˆุญู‰} ุฃูŠ : ุฅู†ู…ุง ูŠู‚ูˆู„ ู…ุง ุฃู…ุฑ ุจู‡ ، ูŠุจู„ุบู‡ ุฅู„ู‰ ุงู„ู†ุงุณ ูƒุงู…ู„ุง ู…ูˆูุฑุง ู…ู† ุบูŠุฑ ุฒูŠุงุฏุฉ ูˆู„ุง ู†ู‚ุตุงู†
{ูˆู…ุง ูŠู†ุทู‚ ุนู† ุงู„ู‡ูˆู‰maksudnya beliau tidaklah mengucapkan ucapan (dalam urusan agama) yang bersumber dari hawa nafsu dan interes pribadi, {ุฅู† ู‡ูˆ ุฅู„ุง ูˆุญูŠ ูŠูˆุญู‰maksudnya semata-mata beliau hanya mengatakan apa yang diperintahkan kepada beliau, beliau pun menyampaikannya kepada manusia dengan sempurna, lengkap, tanpa penambahan dan pengurangan (sedikitpun).
Al-Baghawi rahimahullah mengatakan,
{ุฅู† ู‡ูˆ} ู…ุง ู†ุทู‚ู‡ ููŠ ุงู„ุฏูŠู† ، ูˆู‚ูŠู„ : ุงู„ู‚ุฑุขู† { ุฅู„ุง ูˆุญูŠ ูŠูˆุญู‰ } ุฃูŠ : ูˆุญูŠ ู…ู† ุงู„ู„ู‡ ูŠูˆุญู‰ ุฅู„ูŠู‡ .
“{ุฅู† ู‡ูˆ}, tidaklah beliau mengucapkan ucapan (tentang agama) ada pula yang berpendapat tentang Al-Qur`an {ุฅู„ุง ูˆุญูŠ ูŠูˆุญู‰maksudnya (ucapannya itu tiada lain hanyalah) wahyu dari Allah yang diwahyukan kepadanya.”
8.Seluruh akhlak yang ada dalam Al-Qur`an beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam amalkan semuanya Allah Ta’ala berfirman,
ูˆَุฅِู†َّูƒَ ู„َุนَู„َู‰ٰ ุฎُู„ُู‚ٍ ุนَุธِูŠู…ٍ
“Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang agung” (Al-Qolam: 4). Al-Baghawi rahimahullah berkata,
{ูˆุฅู†ูƒ ู„ุนู„ู‰ ุฎู„ู‚ ุนุธูŠู… }ู‚ุงู„ ุงุจู† ุนุจุงุณ ูˆู…ุฌุงู‡ุฏ : ุฏูŠู† ุนุธูŠู… ู„ุง ุฏูŠู† ุฃุญุจ ุฅู„ูŠ ูˆู„ุง ุฃุฑุถู‰ ุนู†ุฏูŠ ู…ู†ู‡ ، ูˆู‡ูˆ ุฏูŠู† ุงู„ุฅุณู„ุงู… ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุญุณู† : ู‡ูˆ ุขุฏุงุจ ุงู„ู‚ุฑุขู† . ุณุฆู„ุช ุนุงุฆุดุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง ุนู† ุฎู„ู‚ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ูู‚ุงู„ุช : ูƒุงู† ุฎู„ู‚ู‡ ุงู„ู‚ุฑุขู† ูˆู‚ุงู„ ู‚ุชุงุฏุฉ : ู‡ูˆ ู…ุง ูƒุงู† ูŠุฃุชู…ุฑ ุจู‡ ู…ู† ุฃู…ุฑ ุงู„ู„ู‡ ูˆูŠู†ุชู‡ูŠ ุนู†ู‡ ู…ู† ู†ู‡ูŠ ุงู„ู„ู‡ ، ูˆุงู„ู…ุนู†ู‰ ุฅู†ูƒ ุนู„ู‰ ุงู„ุฎู„ู‚ ุงู„ุฐูŠ ุฃู…ุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ุจู‡ ููŠ ุงู„ู‚ุฑุขู† .
{ูˆุฅู†ูƒ ู„ุนู„ู‰ ุฎู„ู‚ ุนุธูŠู…Ibnu ‘Abbas dan Mujahid mengatakan, “(Beliau beragama) dengan agama yang agung, (yang) di sisi-Ku, tidak ada agama yang lebih Aku cintai dan ridhai daripadanya, dan agama tersebut adalah agama Islam”.
Al-Hasan Al-Bashri berkata, “Ia ( “khuluq” dalam Ayat ini) adalah adab-adab Al-Qur`an”. ‘Aisyah radhiallahu ‘anha pernah ditanya tentang akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka beliau pun menjawab, “Akhlak beliau adalah (melaksanakan seluruh yang ada dalam) Al-Qur`an”. Qatadah mengatakan, Ia (“Khuluq” dalam Ayat ini) adalah sesuatu yang beliau laksanakan dari perintah Allah dan sesuatu yang beliau jauhi dari larangan Allah, dan makna Ayat di atas: Sesungguhnya engkau benar-benar berakhlak  dengan akhlak yang diperintahkan Allah dalam Al-Qur`an. Wallahu a’lam.
(Diolah dari transkip ceramah Syaikh Rabi’ Al-Madkholi hafizhahullah, dan dipublikasikan di Muslim.or. id dengan sedikit penyesuaian)

***************************

Kontributor: Ust. Sa’id Abu Ukasyah. Editor: Ustaz Sofyan Kaoy Umar, MA, CPIF . Email: ustazsofyan@gmail.com



Comments

Popular posts from this blog

Tafsir al-Quran

  TAFSIR AL-QUR'AN Bacaan Al-Quran (Al-Quran Recitation) Tafsir As-Su'udi, Al-Baghawi, Ibnu Katsir, Al-Qurthubi, At-Thabari ( Arabic)   Al-Quran Terjemah Per Kata dan Tafsir (Kemenag RI, Jalalain, Ibn Katsir & Al-Misbah )   Al-Quran dan Terjemahannya (Indonesia & English, Bacaan Oleh Al-Afasi ), Tafsir Kemenag dan Aspek Terkait   Tafsir Kemenag RI, Bacaan Oleh Al-Husary Learn Quran Tafsir (Jalalain, Ibnu Katsir, Kemenag RI dan Al-Azhar )   TafsirWeb (Al-Muyassar, Al-Mukhtasar,  Al-Wajiz, As-Sa'di, Sawi , dll)    Tafsir al-Mukhtasar fi Al-Quran al-Karim (Indonesia)       Tafsir Hidayatul Insan - Al Ustadz Marwan Bin Musa   Belajar Al-Quran Kata Per Kata   Tafsir NU Online    Tafsir Al-Mukhtasar fi Al-Quran Karim (English)   Maududi Tafhimul Quran Tafsir (English)   Ibn Kathir Al-Quran Tafsir ( English )   Tafsir Ibn Katheer & Ma’arif ul-Quran (in English, Arabic, Urdu )      Tafsir Ibn Abbas (English)    Tafsir Kashani (English)   Tafsir Kashf Al-Asrar (English)

Darul Quran Mina (DQM)

Darul Qur'an Mina (DQM) Profil & Kegiatan Darul Qur'an Mina (DQM) Wakaf Bangunan DQM   Update Laporan Donasi Wakaf Bangunan DQM    Youtube DQM Channel (English)   Youtube Kajian Tafsir   Youtube Belajar Bahasa Arab   Murattal & Tadabbur al-Quran:  Murattal al-Qur'an Berbagai Qari Masyhur (MP4)   Murattal Al-Quran Qari Utama (MP4)   The Glorious Noble Qur'an -Syaikh Abu Bakr Ash-Shatery, Eng Trans (MP4)   Tadabbur/Tafsir al-Quran (MP3 &MP4)   Tafsir Al-Quran   Ilmu al-Quran (Ulumul Quran) -MP4 Tajwid/Ilmu Tajwid    Belajar Membaca & Tadabbur al-Qur'an (Html,MP3 dan MP4)   Kajian Hadist (Study of Hadith)    Murattal al-Quran Semua List Qari Masyhur (MP3)   Murattal Al-Quran Semua Qori (MP3)   Perpustakaan Audio Quran MP3 Semua Qari   Murattal Al-Quran 30 Juz (MP3 Audio)   List Murattal Al-Qur'an (MP3 Audio) & Tafsir   Al-Quran Digital (Display Ayat dan Terjemahan), Murattal Oleh Syaikh Abdulrahman al-O

Update Laporan Donasi Wakaf Tanah & Bangunan Darul Quran Mina (DQM)

Update Laporan Wakaf  Bangunan Darul Quran Mina (DQM) Yayasan Pembangunan Islam Mina , SK Kementerian Hukum & HAM RI No. AHU.0006005.AH.01.04.2017 1. Kantor Pusat (HQ):  Alamat: Darul Quran Mina (DQM), Lampeuneurut Ujong Blang, Darul Imarah, Aceh Besar, INDONESIA 23352.  Kebutuhan Dana:  - Tanah seluas 364 M2 & 1 Unit Bangunan: Rp 998,000,000,- -  3 unit Balai Pengajian: Rp 26,600,000,- ************************************** Transfer Wakaf Bangunan DQM ke No Rekening (Acc): ๐Ÿ“Ÿ No. Acc Bank Aceh Syari'ah : 62002200105180 Kode Bank 116  (Swift Code: PDACIDJ1) ๐Ÿ“Ÿ No. Acc Bank Syariah Indonesia: 7147283126 Kode Bank 451  (Swift Code: BSMDIDJAXXX  ) ๐Ÿ“Ÿ No. Acc Bank CIMB Niaga Syariah: 761968078600 Kode Bank 022  (Swift Code: BNIAIDJA XXX ) Semuanya a.n: Sofyan Kaoy Umar  Konfirmasi setelah Transfer:  WA: +6281234582087 (Ust.Sofyan Kaoy Umar, MA, CPIF), Ketua Pengurus Yayasan Pembangunan Islam Mina Khusus  bagi  muhsinin Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia &am